Halo,

apa kabar anda ? semoga selalu baik dan berada di dalam lindungan-Nya :) amin

hari ini, sudah memasuki minggu ke 2 setelah lebaran. Semoga makin semangat cari duit online nya. dan makin deras aliran $$$ nya hehe..

Kemarin, saya lagi semangat nge twit di twitter saya (go follow twitter saya dong :P) dan ngasih sedikit tips tentang email marketing,

dan sekarang saya share hasil kultwit itu di blog ini, dengan sedikit penejelasan tambahan.

Sebelumnya sebagian dari anda pasti bertanya, apa sih email marketing itu?

sekarang saya tanya balik : anda sering dapat email dari saya, baik berupa promosi, ucapan selamat hari raya, ataupun tips dan trik mengenai bisnis online?

Nah, secara kasar. Itu lah yang disebut email marketing, terjemahan bebasnya adalah melakukan pemasaran dengan menggunakan email.  Secara lebih lugas lagi,  kita melakukan kegiatan  pemasaran produk melalui email yang ada di email list kita

terus, bagaimana Menjaring email list? jawabannya adalah dengan menggunakan tools yg disebut autoresponder. Autoresponder sendiri, menurut saya adalah tools yang super wajib dimiliki oleh anda yang serius terjun menjadi internet entrepreneur.  Secar sederhana cara kerja Autoresponder bisa anda lihat di ilustrasi dibawah ini :

nah sekarang muncul pertanyaan baru : Terus apa fungsi mengumpulkan email list di autoresponder?

ada 3 Fungsi utama yang dimiliki autoresponders :

1/ Dengan autoresponder anda bisa mengirim email serentak ke semua list.

Artinya, apabila anda punya 10ribu daftar email list, maka anda bisa mengirim iklan langsung ke 10ribu email dalam 1 waktu. Taruhlah 1% dari 10ribu email list anda membeli produk yang anda tawarkan.

Apabila anda jual produk seharga $10 maka anda akan dapat (10% x 10.000) x $10 = $1,000.

2/ Anda bisa mengirim email yang ‘terlihat’ personal

Contohnya : anda mengirim email seperti ini –>  “Nama, silakan baca artikel saya” <–  Kata nama di samping akan terbaca sebagai nama personal.

Artinya si Joni akan membaca email itu “Joni, Silakan Baca artikel   saya” dan si Tono akan membaca “Tono, silakan baca artikel saya”

Hal itu akan  meningkatkan konversi (baca : pembaca email yang mengklik iklan/tautan/link/promosi anda).

ini juga yg membedakan eMail marketing dengan pemasaran lewat social media (twitter/facebook), yaitu bisa lebih personal,sehingga  konversi jauh lebih tinggi.

3/ Anda bisa melakukan follow up secara otomatis, sesuai dengan tenggat waktu tertentu yang anda inginkan. Misalkan si A tidak memutiskan membeli saat pertama kali mengunjungi website anda.

anda bisa lakukan “follow-up” kepada si A, sehingga dia memeliki kemungkinan besar untuk membeli produk anda di hari lain.

Untuk mendapatkan autoresponder, anda dapat menggunakan jasa yang berbayar dan yang gratis. Kalau ditanya bedanya, tentu saja yang berbayat akan menyediakan jasa yang JAUH lebih optimal (seperti split tracking, conversion test, details subscription/unsubscripion, IP tracking, dan masih banyak lagi). Untuk yang berbayar pun, sekarang ini harganya sudah jauh lebih terjangkau sesuai kebutuhan anda.

Apabila anda seorang pemilik bisnis offline yang ingin go online, saya sarankan anda untuk segera memiliki tools ini.

untuk daftar autoresponder gratis ==> listwire.com, freeautobot.com

dan untuk yang bayar ==> getresponse.com, norabots.com, aWeber.com, imnicamail.com

dan untuk yang lokal milik anak bangsa ini dia nih ==>  ProfitSender.com ; indoresponder.com; mulxim.com

Untuk menarik orang opt-in (memasukkan data mereka untuk menjadi list kita), kita harus menyediakan timbal balik, misalkan memberi produk gratisan (sebagai contoh produk pemburudollar saya), sehingga mereka rela memasukkan nama dan email mereka :)

Selain itu, produk ‘gratis’ ini bisa juga anda sesuaikan dengan bisnis anda, misalkan anda pemilik software, anda bisa kasih free trial software anda (teknik ini juga dilakukan perusahaan besar sekelas adobe, apple, dll – free trial software kualitas tinggi untuk mendapat email list). Dan masih banyak contoh lainnya seperti : free sample product, video, buku fisik, dsb.

Kenapa gratisan? karena menurut pengalaman saya Orang cenderung tertarik sesuatu yang gratis, dan melakukan opt-in di website kita, dan kita bisa offers promosi lain di waktu yang akan datang .

Sedikit tips untuk anda yang ingin mulai menjaring list adalah : Beri produk yang berkualitas sehingga orang ga malas untuk opt-in, kemudian letakkan form autoresponder anda di lokasi yang tepat, misalkan seperti contoh di bawah ini :

Ingat. Jaga selalu hubungan anda dengan list anda, jangan menyiksa list anda dengan promosi affiliate berlebih, atau melakukan promosi yang kurang penting.

Selain itu, menjaring list dari menebar produk gratisan emang bagus, tapi berdasarkan pengalaman saya “The Money is in your list, BIG money is in your buyer list”

so, ketika anda jual produk usahakan jaring daftar list dari pembeli produk anda. Karena mereka adalah pembeli (berduit) jadi kemungkinan besar mereka akn beli produk anda dilain waktu. Berbeda dengna freebie seeker (pencari gratisan) buyer list (list para pembeli) akan meng-konversi penjualan dengan jauh lebih tinggi.

Ok? semoga tips tips ini bermanfaat untuk anda.

Oiya, ada sedikit hadiah untuk anda yang maubelajar membangun list, download gratis squeeze page (template halaman untuk menjaring email list anda dengan cepat) berkualitas tinggi disini.

Semoga bermanfaat ya :)

Jangan lupa follow saya di twitter untuk ber social networking dan baca tips-tips singkat saya ttg bisnis internet :)