Halo, teman-teman!

udah lama ga posting disini :)postingan ini sangat panjang, saya ingin anda ada waktu 10 menit untuk membaca, dan semoga bermanfaat buat anda.

mungkin buat anda yang mengikuti, minggu lalu saya launching produk terbaru saya yang berbahasa indonesia, panduan list building

disatu sisi, jujur banget, saya sih niat awalnya semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang indonesia, terutama untuk menambah wawasan berbisnis online di track yang benar (bukannya nyombong nih). Sangat excited apalagi sudah lama banget ga masuk market lokal, dan responsnya sungguh luar biasa (selama 7 hari, facebook saya seakan ga berhenti kirim notifikasi, saya yang benci main facebook terpaksa harus berlama-lama disana)

sedihnya, saya lihat ternyata selama 3 tahun saya ga launching produk lokal, mindset bisnis orang indonesia masih jauh dari harapan. artikel ini dibuat agar anda lebih fight dalam bisnis anda!stop-dreaming-start-action

dan untuk itu, di postingan ini saya ingin coba bikin tulisan tentang karakter-karakter yang harus anda hindari dalam berbisnis. Baik online maupun offline! Buang jauh karakter-karakter ini kalau anda mau sukses :

1. Saya mau bisnis tapi saya ga punya modal!

“mas, kira-kira butuh modal berapa ya kalau mau jalanin PLB”

“mas, saya mahasiswa, uang saya cuma segini-gini aja, apa saya bisa sukses?”

“setelah beli PLB, saya ga perlu keluarin uang lagi kan untuk sukses?”

“butuh domain dan hosting lagi ya mas? uang saya mepet”

Jujur, pertanyaan itu mulai annoying buat saya. Bisnis mana sih yang gratis?

Produk informasi (apapun itum termasuk PLB) dalam bisnis online adalah sebuah produk yang mempersingkat waktu belajar anda mengenai topik yang dijelaskan, dan mengurangi resiko anda gagal di bidang tersbut serta menjelaskan¬† proses dan how to achieve your goal melalui metode tertentu. That’s it.

Produk informasi bukanlah sebuah kotak ajaib dimana ketika anda sudah investasi untuk membelinya tiba-tiba terjadi perubahan dalam hidup anda, dalam semalam. Dan tiba2 saja besok uang anda terisi penuh dan anda jadi kaya. Itu hanya terjadi di mimpi anda.

Untuk kaya, anda harus bekerja. Untuk sukses anda harus kerja keras. That’s it.

Bisnis online tentu aja butuh domain dan hosting, dan beberapa tools seperti autoresponder, design, script, dll. Saya sangat sedih kepada mereka yang sangat pelit untuk investasi padahal itu berkaitan dengan bisnis mereka.

Bermain aja bayar apalagi bisnis! Stop dreaming, kalau mindset anda masih cari gratisan, segera ubah karena anda ga bakal bisa naik ke level selanjutnya kalau masih berpikir seperti itu.

2. Maaf saya newbie

Maaf saya newbie adalah kata-lata yang paling sering saya dengar. Kalau anda newbie, terus kenapa? Kalau anda ga mulai sekarang, ga ubah mindset sekarang, selamanya anda akan jadi newbie.

Tidak ada yang jadi ahli disuatu bidang dalam semalam. SD kita perlu 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun. Kuliah bahkan minimal 3,5 – 4 tahun!

Untuk pendidikan formal saja selama itu, terus anda berharap kemampuan anda akan berubah dalam satu malam? Stop dreaming!

Kenapa sih selalu jadikan newbie sebagai excuse atau alasan anda untuk tidak bisa ngapa-ngapain? terus apa anda nunggu di suapin terus?

Kalau mau jadi pebisnis jangan manja, bisnis itu susah, harus berjuang bener-bener. Kalau masih ngimpi hidup itu gampang, bangun sekarang.

Saya dulu struggling di bisnis bertahun-tahun, ngabisin uang sampai ribuan dollar untuk bisa mencapai income yang stabil. Tapi saya ga pernah mau nyerah padahal dulunya saya juga ga ngerti apa-apa, dan modal pun juga nyaris ga ada. Tapi buktinya saya bisa, kenapa anda ngga?

3. Malas Baca

“Bro, beli PLB gimana caranya?”

“Bro, ada diskon ga? ane mahasiswa”

“bro, bisa bayar pake paypal?”

pertanyaan ini udah jelas-jelas ada jawabannya di sales letter Panduan List Building, kalau ada yang tanya seperti itu berarti mereka tipe orang yang malas baca.Padahal ga usah deh baca secara teliti, sekilas aja udah keliatan kok.

Kalo udah malas baca, gimana mau belajar materi yang ada di dalamnya? Gimana mau bisnis online yang lebih susah lagi daripada sekedar baca?

4. Saya bukan orang IT, saya bisa sukses ga?

Ini alasan lain yang sering muncul. Jawaban saya : saya kuliah di pertanian mas bro mbak bro, background saya sawah :D :D

terus apa saya jadikan alasan? tentu saja engga.

saya sendiri sangat sedikit menguasi coding dan programming. Paling mentok sedikit tau kode HTML, beli domain dan arahin ke hosting, serta menggunakan FTP dengan filezilla.

sisanya? kalau susah tentu saya hire orang untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan programming. Saya ga mungkin menguasai semua hal sekaligus. Itu impossible!

Saya pikir, daripada saya belajar semua hal, lebih baik saya fokus untuk menjadi expert di satu hal, dan untuk hal penunjang lainnya saya serahkan pada ahlinya. Saya gaji mereka untuk itu!

Kemampuan IT bukan alasan kita untuk gagal / sukses di bisnis online.

5. Bisnis Online kok susah ya?

Bisnis, baik online maupun offline adalah sesuatu yang susah. Susah banget kalau menurut saya! terus siapa yang pernah bilang bisnis online itu gampang?

Mental seperti itu yang harus dibuang. Kayanya kita masih terpengaruh mental didikan kompeni hehe.

itu juga mungkin sebabnya banyak orang indonesia menjadi karyawan daripada menjadi business owner atau pengusaha. Karena mereka pikir ga ribet, cari kerja, daftar, dapat gaji perbulan.

Jadi pebisnis itu susah mas bro. Kita harus mau berkorban, kita harus tahan banting (kalau masih ada sifat 1-5 yang dijelasin di atas, artinya belum tahan banting, dan masih manja).

BISNIS ITU SUSAH! JANGAN MANJA!

Memulai bisnis, apapun itu, pasti susah!

Cerita tentang saya, menginjak semester 3 kuliah, saya ‘bertaruh’ dengan hidup saya. Saya ingin buat saya tidak manja dan tahan banting dalam berbisnis.

Saya memang lahir di keluarga yang cukup (tidak kaya, tapi cukup). Tapi pada waktu semester 2 atau 3 kuliah, saya minta ke orang tua saya untuk stop uang jajan dan biaya SPP (pendidikan) saya. Saya mau membiayai hidup saya sendiri sejak saat itu.

dan hasilnya? saya lebih fight dalam membangun bisnis. Pernah uang saya tinggal 20ribu rupiah. Pernah juga saya udah waktunya bayar SPP, tapi uang ga cukup. Tapi saya ga pernah mengeluh, justru saya makin terpacu dan bersemangat untuk bisa mencapai tujuan saya.

Jadi yang berpikir bahwa saya bisnis langsung enak, dapat modal gede, dll. Itu salah!

saya juga mulai dari NOL. saya juga bertahun-tahun struggling dan ga jelas arah tujuan. Tapi saya tetep semangat dan saya yakin saya pasti bisa. Terus kenapa anda harus mencari-cari dan membuat alasan?

intinya

BISNIS ITU SUSAH!

anda harus tahan banting :) karena tidak ada makan siang gratis.

Karena 1000 langkah juga dimulai dari langkah 1.

Kalau semua serba otomatis, semua orang juga mau (enak betul)

bisnis itu susah, tapi akan sangat menyenangkan menjalani prosesnya, kerja keras tidak pernah mengkhianati (mengutip kata-kata agung prabowo).

 

tetap semangat!

Maulana Malik